CERN Organization

Alam semesta terbuat dari apa ?

Bagaimana awalnya ?

Fisikawan di CERN mencari jawaban, menggunakan beberapa akselerator partikel paling kuat di dunia.


CERN Logo
Di CERN , Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir , fisikawan dan insinyur sedang menyelidiki struktur dasar alam semesta . Mereka menggunakan terbesar dan paling kompleks instrumen ilmiah dunia untuk mempelajari unsur dasar materi - partikel dasar . Partikel yang dibuat untuk bertabrakan bersama-sama mendekati kecepatan cahaya . Proses ini memberikan petunjuk tentang bagaimana fisikawan partikel berinteraksi , dan memberikan wawasan ke dalam hukum dasar alam .Instrumen yang digunakan di CERN adalah akselerator partikel tujuan-dibangun dan detektor . Accelerators meningkatkan balok dari partikel energi tinggi sebelum balok dibuat untuk saling bertabrakan atau dengan target stasioner. Detektor mengamati dan merekam hasil tabrakan tersebut .Didirikan pada tahun 1954, laboratorium CERN duduk mengangkang perbatasan Franco - Swiss dekat Jenewa . Itu adalah salah satu usaha patungan pertama di Eropa dan sekarang memiliki 21 negara anggota.


Nama CERN

Nama CERN berasal dari singkatan untuk Perancis "Conseil Europeen pour la Recherche Nucleaire", atau Dewan Eropa untuk Riset Nuklir, tubuh sementara didirikan pada tahun 1952 dengan mandat untuk mendirikan sebuah organisasi penelitian fisika fundamental kelas dunia di Eropa. Pada saat itu, penelitian fisika murni berkonsentrasi pada pemahaman dalam atom, maka kata "nuklir".

Hari ini, pemahaman kita tentang materi jauh lebih dalam dari inti, dan wilayah utama CERN penelitian adalah fisika partikel - studi tentang unsur dasar materi dan gaya yang bekerja di antara mereka. Karena itu, laboratorium dioperasikan oleh CERN sering disebut sebagai Laboratorium Eropa untuk Fisika Partikel.



Sejarah CERN

The 12 pendiri negara anggota CERN pada tahun 1954 (peta perbatasan dari tahun 1989)Konvensi menetapkan CERN telah disahkan pada tanggal 29 September tahun 1954 oleh 12 negara di Eropa Barat. Singkatan CERN awalnya berdiri di Perancis untuk Conseil Europeen pour la Recherche Nucleaire (Dewan Eropa untuk Riset Nuklir), yang merupakan dewan sementara untuk menyiapkan laboratorium, yang didirikan oleh 12 pemerintah Eropa pada tahun 1952. Akronim dipertahankan untuk laboratorium baru setelah dewan sementara dibubarkan, meskipun nama berubah menjadi arus Organisasi Européenne pour la Recherche Nucleaire (Organisasi Eropa untuk Riset Nuklir) pada tahun 1954. Menurut Lew Kowarski, mantan direktur dari CERN, ketika namanya diubah, akronim bisa menjadi canggung OERN, dan Heisenberg mengatakan bahwa akronim bisa "masih bisa CERN bahkan jika nama tersebut tidak".Segera setelah pembentukan laboratorium, bekerja melampaui studi inti atom dalam fisika energi tinggi, yang bersangkutan terutama dengan studi interaksi antara partikel. Oleh karena itu laboratorium dioperasikan oleh CERN sering disebut sebagai laboratorium Eropa untuk fisika partikel (Laboratoire Europeen pour la fisik des particules) yang lebih baik menggambarkan penelitian yang dilakukan di CERN.


Prestasi Ilmiah

Beberapa prestasi penting dalam fisika partikel telah dilakukan selama percobaan di CERN. Mereka termasuk :
  • 1973: Penemuan arus netral dalam gelembung ruang Gargamelle;
  • 1983: Penemuan boson W dan Z di UA1 dan UA2 percobaan;
  • 1989: Penentuan jumlah keluarga neutrino cahaya di Large Electron - Positron Collider ( LEP ) yang beroperasi di puncak Z boson; 
  • 1995: Penciptaan pertama atom antihidrogen dalam percobaan PS210;
  • 1999: Penemuan pelanggaran CP langsung dalam percobaan NA48; 
  • 2010 : Isolasi 38 atom antihidrogen; 
  • 2011 : Mempertahankan antihidrogen selama lebih dari 15 menit; 
  • 2012 : Sebuah boson dengan massa sekitar 125 GeV/c2 konsisten dengan lama dicari Higgs boson
1984 Penghargaan Nobel dalam Fisika diberikan kepada Carlo Rubbia dan Simon van der Meer untuk perkembangan yang mengarah pada penemuan dari boson W dan Z . Pada tahun 1992 Penghargaan Nobel dalam Fisika diberikan kepada staf peneliti CERN Georges Charpak " untuk penemuan dan pengembangan detektor partikel , khususnya kamar proporsional multiwire.

Comments

Popular