Empat Ciri-ciri seorang Programmer

Analytical (Suka Analisa)
Terbiasa bicara dalam bahasa data. Cenderung untuk berpikir dengan pola sebab akibat. Tidak bisa menerima rumor, hanya fakta yang dapat diterima. Selalu memerlukan bukti. Seperti, "Tunjukkan pada saya bagaimana pernyataan itu terdokumentasi, dan bahwa itu benar !"
Bakat ini sering terdapat dalam peran berikut : analis, periset (pemasaran, keuangan, kesehatan), manajement database, editor, programmer, management resiko, akuntan, konsultan manajement.


Arranger (Manusia yang suka mengorganisasi)
Punya kemampuan untuk menyelaraskan keberagaman. Biasa mengorganisir, tetapi juga mempunyai kelenturan untuk membantu pengaturannya. Selalu berusaha untuk memikirkan sesuatu kembali. Sloganya adalah "Pasti ada jalan yang lebih baik !" seorang koordnator saat berhadapan dengan situasi sulit yang melibatkan banyak faktor. Suka mengatur segala sesuatu, meluruskan dan meluruskannya lagi sampai yakin bahwa telah mengaturnya dengan sangat produktif.
Peran peran yang sesuai antara lain sebagai manager, penyedia (supervisor), event organizer (penyelenggara kegiatan), programmer.


Discipline (disiplin)
Seseorang yang piawai dalam menciptakan sistem dan prosedur atau jadwal. Beresonansi dengan dunia yang teratur. Baginya dunia harus diperkirakan, teratur dan terencana. Jadwal dan batas waktu harus ada, karena biasanya membagi bagi jadwal dalam batasan lebih sempit dengan rencana jangka pendek yang bisa di jalankan secara lebih teliti.


Learner (pembelajar)
Selalu tertantang untuk belajar. Menyukai proses mendapatkan informasi atau keterampilan baru sepanjang hidup. Senang belajar. Materi pokok yang menarik kebanyakan akan ditentukan oleh tema tema bakat lain dan pengalaman. Namun, apapun bidangnya, akan selalu tertarik pada proses belajar.
Peran peran yang menantang bakat ini adalah konsultan (internal atau external), teknisi  informasi dan technologi, programmer, guru, katalisator perubahan.

CAI (Cinta Alam Indonesia) 2012 Permata XXXIII

Comments

Popular