Tumbuhan Terlangka Dan Terunik Di Dunia

Tanaman Karnivora
Dionaea Muscipula

Tanaman satu ini adalah tanaman karnivora paling terkenal, karena aktivitas dan efisiensinya dalam memerangkap mangsa. Pasangan "Daun" yang menjadi ciri khas tanaman ini adalah perangkap yang memiliki rambut yang ultra sensitif, yang dapat merasakan adanya hewan atau serangga kecil yang datang. Begitu rambut di daun ini tersentuh, maka daun akan menutup dan memerangkap hewan apapun yang mendekatinya.

Para penangkap lalat Venus merupakan tanaman kecil yang strukturnya dapat digambarkan sebagai roset 4-7 daun, yang muncul dari batang bawah tanah pendek yang sebenarnya adalah sebuah objek bola-seperti. Setiap batang mencapai ukuran maksimum sekitar tiga sampai sepuluh sentimeter, tergantung pada waktu tahun, daun lagi dengan perangkap yang kuat biasanya terbentuk setelah berbunga. Flytraps yang memiliki lebih dari 7 daun adalah koloni yang dibentuk oleh mawar yang dibagi di bawah tanah.Ilustrasi dari Majalah Botanical Curtis oleh William Curtis (1746-1799)
The helai daun dibagi menjadi dua wilayah: datar, berbentuk hati fotosintesis berkemampuan tangkai daun, dan sepasang lobus terminal berengsel di pelepah, membentuk trap yang merupakan daun sejati. Permukaan atas lobus ini mengandung pigmen antosianin merah dan ujungnya mengeluarkan lendir. Lobus menunjukkan gerakan tanaman yang cepat, gertakan menutup ketika dirangsang oleh mangsa. Mekanisme menjebak tersandung ketika mangsa kontak salah satu dari tiga rambut seperti trikoma yang ditemukan pada permukaan atas setiap lobus. Mekanisme menjebak begitu khusus yang dapat membedakan antara mangsa hidup dan rangsangan non-mangsa seperti jatuh hujan; dua pemicu rambut harus disentuh dalam suksesi dalam waktu 20 detik dari satu sama lain atau satu rambut menyentuh dua kali dalam suksesi cepat, dimana lobus perangkap akan snap menutup dalam waktu sekitar satu-sepersepuluh detik. tepi lobus yang dibatasi oleh rambut seperti kaku tonjolan atau silia, yang mesh bersama dan mencegah mangsa besar dari melarikan diri. (Tonjolan ini, dan rambut memicu, juga dikenal sebagai rambut sensitif, mungkin homolog dengan tentakel ditemukan di kerabat dekat tanaman ini, para sundews.) Para ilmuwan telah menyimpulkan bahwa lalat Venus berkaitan erat dengan Drosera (sundews), dan bahwa perangkap jepret berevolusi dari perangkap lalat-kertas mirip dengan Drosera.


Lubang-lubang di meshwork memungkinkan mangsa kecil untuk melarikan diri, mungkin karena manfaat yang akan diperoleh dari mereka akan kurang dari biaya mencerna mereka. Jika mangsa terlalu kecil dan lolos, perangkap akan dibuka kembali dalam waktu 12 jam. Jika mangsa bergerak di sekitar dalam perangkap, mengencangkan dan pencernaan dimulai lebih cepat.Kecepatan penutupan dapat bervariasi tergantung pada jumlah kelembaban, cahaya, ukuran mangsa, dan kondisi pertumbuhan umum. Kecepatan yang dekat perangkap dapat digunakan sebagai indikator kesehatan umum tanaman. Venus flytraps tidak seperti kelembaban tergantung seperti juga beberapa tanaman karnivora lainnya, seperti Nepenthes, Cephalotus, sebagian Heliamphora, dan beberapa Drosera.
The Venus penangkap lalat menunjukkan variasi dalam bentuk tangkai daun dan panjang dan apakah daun terletak datar di tanah atau meluas sampai pada sudut sekitar 40-60 derajat. Empat bentuk utama adalah: 'typica', yang paling umum, dengan petioles yg berbaring luas; 'erecta', dengan daun pada sudut 45 derajat, 'linearis', dengan petioles sempit dan daun pada 45 derajat, dan 'filiformis', dengan tangkai yang sangat sempit atau linier. Kecuali untuk 'filiformis', semua ini dapat tahapan dalam produksi daun dari setiap tanaman tergantung pada musim (yg berbaring di musim panas dibandingkan pendek dibandingkan semi-tegak di musim semi), panjang penyinaran (petioles panjang di musim semi dibandingkan singkat di musim panas), dan intensitas cahaya (petioles luas dalam intensitas cahaya rendah versus sempit dalam cahaya terang).


Ketika tumbuh dari biji, tanaman memakan waktu sekitar empat sampai lima tahun untuk mencapai kematangan dan akan hidup selama 20 sampai 30 tahun jika dibudidayakan di kondisi yang tepat.


Tumbuhan Paling Tangguh di Dunia
Welwitschia Mirabilis
Memang tumbuhan yang satu ini kurang menarik, tapi tumbuhan asli Namibia ini memang luar biasa, cuma satu-satunya! Tumbuhan ini hanya punya dua daun, dan satu batang dan sistem akar, cuman itu aja! Tapi dua daun ini terus tumbuh sampai akhirnya mirip Alien. Batang tanaman ini makin lama akan makin tebal, tapi tidak meninggi, tinggi maksimum tanaman ini hanya 2 meter saja tapi lebarnya dapat mencapai 8 meter. Umur tanaman ini bisa mencapai 400 sampai 15 abad!. Bisa hidup terus tanpa hujan selama 5 tahun lamanya! Selain itu, tanaman yang dalam bahasa Namibia disebut Onyanga ini ternyata enak untuk dimakan baik dimakan mentah maupun dimasak dalam bara. O ya, arti nama Onyanga adalah Bawang.

Welwitschia dinamai Austria botani Friedrich Welwitsch, tetapi sejarah penamaan yang tidak mudah. Welwitsch adalah yang pertama untuk memberikan penjelasan tentang spesies Joseph Dalton Hooker dari Linnean Society of London pada tahun 1859. Ia awalnya diberikan penjelasan teknis singkat dan mengusulkan memanggil genus Tumboa, setelah apa yang dikandung menjadi nama asli " Tumbo ". Namun, artis Thomas Baines lama kemudian diberikan ilustrasi dan beberapa spesimen buruk diawetkan, ditambah informasi yang "Tumbo" bukanlah nama spesifik, tapi istilah yang agak umum, sehingga Hooker meminta Welwitsch izin untuk nama genus Welwitschia gantinya. Welwitsch setuju dan juga diberikan beberapa materi terawat baik yang Hooker mampu membuat kemajuan substansial dalam menyimpulkan afinitas botani Penempatan taksonomi Welwitschia kemudian diubah sebentar-sebentar dengan pengembangan sistem klasifikasi baru (lihat tanaman berbunga:. Sejarah klasifikasi). Namun, penggunaan modern ini dekat dengan kesimpulan bahwa Hooker menarik.
Kebanyakan ahli botani telah diperlakukan Welwitschia sebagai genus monotypic berbeda dalam keluarga monotypic atau bahkan pesanan. Sistem terbaru place Welwitschia mirabilis di Welwitschiaceae keluarga sendiri dalam urutan Gnetales gymnosperm. Urutan Gnetales ini sangat erat kaitannya dengan urutan Pinales, yang meliputi pinus, cemara, pinus dan cemara Analisis genetik menunjukkan. Bahwa Gnetales muncul dari dalam kelompok konifer, dan ada kesamaan morfologi antara angiosperma dan Gnetales secara terpisah berasal Nenek moyang dari gymnosperm order yang masih ada -. yang Gnetales, Coniferales, Cycadales dan Ginkgoales - muncul selama Akhir Paleozoikum, dan menjadi dominan komponen dari Permian Akhir flora dan Mesozoikum Bukti fosil menunjukkan. bahwa anggota Welwitschiaceae yang hadir di Amerika Selatan selama Kretaseus (era Mesozoikum). Jacobson dan Lester menunjukkan bahwa habitat awal Welwitschiaceae lebih mesic daripada kondisi padang pasir saat ini, dan bahwa distribusi populasi saat ini terfragmentasi dan terisolasi dapat dikaitkan dengan aridification selama Tersier dan Kuarter, yang membatasi tanaman lokal menyediakan air yang cukup untuk kebutuhan mereka.


Bunga Terbesar di Dunia
Rafflesia Arnoldii

Bunga besar yang langka ini mendapat perhatian luar biasa di dunia. Bayangkan ukuran bunganya yang dapat mencapai 1 meter dan beratnya sendiri bisa mencapai 8 kg sampai 12 kg. Tapi masalahnya baunya ndak wangi, malah lebih mendekati daging busuk. Makanya bunga ini disebut bunga bangkai di negara kita, yang adalah habitat asli bunga ini. Bunga ini akan mekar seminggu atau tiga hari, dan menarik serangga untuk membuahi dengan bau busuk yang dipancarkan oleh bunga ini. Sayangnya, dari hasil pembuahan, hanya 10-20 persen saja yang berhasil tumbuh.

Bunga Rafflesia arnoldii dari tumbuh dengan diameter sekitar satu meter (3 kaki) dan berat hingga 11 kilogram (24 pon). Ia hidup sebagai parasit pada pohon anggur Tetrastigma, yang hanya tumbuh di SD (terganggu) hutan hujan. Rafflesia tidak memiliki daun diamati, batang atau bahkan akar, namun masih dianggap sebagai tanaman vaskular. Mirip dengan jamur, individu tumbuh sebagai benang-seperti helai jaringan benar-benar tertanam dalam dan kontak intim dengan sel inang sekitarnya dari mana nutrisi dan air yang diperoleh. Tanaman ini tidak menghasilkan daun, batang atau akar dan tidak memiliki klorofil. Ini hanya dapat dilihat bila sudah siap untuk bereproduksi. Mungkin satu-satunya bagian dari Rafflesia yang diidentifikasi dengan jelas menyerupai tanaman adalah bunga, walaupun, bahkan ini tidak biasa karena mereka mencapai proporsi besar, memiliki warna coklat kemerahan dan bau daging yang membusuk. Aroma ini menarik serangga seperti lalat yang kemudian menyerbuki tanaman langka. Hal ini tidak menjadi bingung dengan titan arum, Amorphophallus titanum, yang juga sering disebut sebagai "mayat bunga" karena bau menjijikkan nya.


Tanaman Menari
Desmodium Gyrans

Darwin menamai tumbuhan ini sebagai Hedysarum, atau para ahli botani menyebutnya Desmodium Gyrans, atau lebih modern lagi Codariocalyx Motorius. Nama yang biasa dikenal adalah Rumput Menari (Dancing Grass) atau Tanaman Semaphore (Semaphore Plant), karena gerakan daunnya, yang mirip dengan gerakan tangan pengirim sinyal semaphore. Tanaman ini gampang skeali tumbuh, hanya butuh matahari dan air saja tanpa perlu pupuk yang rumit.

Tanaman ini terkenal dengan gerakan kecil, selebaran lateral pada kecepatan yang cukup cepat untuk dipahami dengan mata telanjang. Ini adalah strategi untuk memaksimalkan cahaya dengan melacak matahari. Setiap daun dilengkapi dengan engsel yang memungkinkan untuk dipindahkan untuk menerima lebih banyak sinar matahari, tetapi berat daun ini berarti tanaman harus mengeluarkan banyak energi dalam bergerak. Untuk mengoptimalkan gerakan, setiap daun besar memiliki dua leaflet kecil di dasarnya. Langkah ini terus-menerus sepanjang jalur elips, sampling intensitas cahaya matahari, dan mengarahkan daun besar ke daerah intensitas yang paling.


Tanaman Bola Baseball
Euphorbia Obesa

Tanaman ini adalah tanaman endemik di daerah Great Karoo, Afrika Selatan. Karena bentuknya yang lucu, banyak penggemar tanaman akhirnya mengambil tanaman ini dan mengkoleksinya, sehingga populasinya rusak berat. Akhirnya tanaman ini dilindungi oleh pemerintah Afika Selatan.

Euphorbia Obesa terlihat seperti bola yang sempurna, tanpa duri dan sangat dekoratif. Hal ini juga dikenal sebagai tanaman bisbol melihat bentuknya. Diameternya 6 cm untuk kaula muda, tetapi bisa mencapai 15 cm untuk yang lama. Bentuknya bulat untuk individu muda dan silinder untuk yang lama. Ini berisi penampung air untuk periode kekeringan.
Tutup tampilan punggung bukit
 
Ini hampir selalu menunjukkan 8 rusuk dihiasi dengan tonjolan yang mendalam kecil secara teratur ditanam di tepi. Ini adalah hijau dengan garis-garis terang atau lebih gelap horisontal. Di alam liar, dan dengan paparan sinar matahari langsung, itu menunjukkan daerah merah dan ungu.
Bunga-bunga kecil tidak signifikan di puncak. Bahkan, seperti semua Euphorbia, bunga disebut cyathia.

Seperti dalam semua spesies Euphorbia, lateks adalah racun.

Hidup dalam kondisi yang sama pada dua benua yang berbeda, Euphorbia Obesa menyajikan konvergensi formulir dengan Astrophytum asterias yang merupakan kaktus dari Meksiko.


Bunga Bangkai
Amorphophallus Titanum
Bunga yang satu ini tinggi besar, bahkan lebih tinggi dari manusia. Nah.. bunga yang ini yang ternyata mendapat julukan bunga bangkai, karena selain baunya yang memang mirip bangkai, juga warnanya meniru daging yang membusuk. Bunga ini ternyata juga dikenal luas di masyarakat dunia sebagai salah satu tumbuhan asli Indonesia.

Perbungaan titan arum bisa mencapai lebih dari 3 meter (10 kaki) tingginya. Seperti pint Cuckoo terkait dan calla lily, terdiri dari gagang harum bunga dibungkus oleh spathe, yang terlihat seperti kelopak besar. Dalam kasus titan arum, spathe berwarna hijau di bagian luar dan gelap merah anggur merah di dalam, dan sangat berkerut. Gagang itu berlubang dan menyerupai sepotong besar roti Prancis. Turun di dalam selubung dari spathe gagang menanggung dua cincin bunga kecil. Cincin atas dikenakan bunga jantan, cincin yang lebih rendah kelip dengan karpel merah-oranye terang. The "aroma" dari titan arum menyerupai daging busuk, menarik bangkai-makan kumbang dan lalat daging (keluarga Sarcophagidae) yang penyerbukan. Warna merah tua perbungaan dan tekstur berkontribusi pada ilusi bahwa spathe adalah sepotong daging. Selama mekar, ujung gagang adalah suhu tubuh sekitar manusia, yang membantu parfum menguap, panas ini juga diyakini untuk membantu dalam ilusi bahwa menarik serangga bangkai-makan.
Kedua bunga jantan dan betina tumbuh di perbungaan yang sama. Bunga betina membuka pertama, kemudian satu atau dua hari berikutnya, bunga jantan terbuka. Hal ini biasanya mencegah bunga dari penyerbukan sendiri.
Setelah bunga mati kembali, daun tunggal, yang mencapai ukuran pohon kecil, tumbuh dari umbi bawah tanah. Daun tumbuh pada tangkai yang agak hijau yang cabang menjadi tiga bagian di atas, masing-masing berisi banyak selebaran. Struktur daun bisa mencapai 6 meter (20 kaki) dan 5 meter (16 kaki) di seluruh. Setiap tahun, daun tua meninggal dan yang baru tumbuh di tempatnya. Ketika umbi telah disimpan energi yang cukup, menjadi tidak aktif selama sekitar empat bulan. Kemudian, proses berulang.
Umbi adalah yang terbesar diketahui, biasanya dengan berat sekitar 50 kilogram (110 lb). Ketika spesimen di Princess of Wales Conservatory, Kew Gardens, telah repotted setelah periode dorman, berat yang tercatat sebagai 91 kilogram (£ 200 ) Pada tahun 2006, sebuah umbi di Kebun Raya Bonn, Jerman tercatat sebesar 117 kilogram (260 pon).


Pohon Botol
Boabab
Pohon ini merupakan tumbuhan asli daerah Madagaskar, Afrika dan Australia. Pohon ini disebut pohon botol, karena selain bentuknya yang memang mirip botol, pohon ini ternyata memang dapat meyimpan sampai dengan 300 liter air! Makanya bisa tumbuh sampai 500 tahun!

Adansonia adalah genus dari delapan spesies pohon, enam asli Madagaskar, satu asli daratan Afrika dan Semenanjung Arab dan satu ke Australia. Spesies Afrika daratan juga terjadi pada Madagaskar, tetapi tidak asli pulau itu, dan diperkenalkan di zaman kuno ke Asia selatan dan pada masa kolonial ke Karibia Sebuah spesies kesembilan diidentifikasi pada tahun 2012, menggabungkan dataran tinggi. populasi selatan dan timur Afrika.

Sebuah nama umum khas adalah baobab. Nama umum lainnya termasuk Boab, boaboa, tabaldi, pohon botol, pohon terbalik, monyet roti pohon atau imbondeiro. Nama generik penghargaan Michel Adanson, naturalis Perancis dan penjelajah yang dijelaskan Adansonia digitata.

Adansonias mencapai ketinggian 5 sampai 30 m (16-98 kaki) dan memiliki diameter batang 7 sampai 11 m (23-36 ft). Glencoe baobab - spesimen baobab Afrika di Provinsi Limpopo, Afrika Selatan, sering dianggap contoh terbesar hidup - hingga akhir-akhir ini memiliki keliling 47 m (154 kaki) Diameternya diperkirakan sekitar 15,9 m (52 ft). Baru-baru ini pohon dibagi menjadi dua bagian dan sangat mungkin bahwa pohon gagah berani sekarang adalah Sunland baobab, juga di Afrika Selatan. Diameter pohon ini adalah 10,64 m (34,9 ft), dengan lingkar perkiraan 33,4 m (110 kaki).



Pohon Darah Naga
Dracaena Cinnabari
Tanaman ini asli kepulauan Socotra. Pohon ini dikenal dengan nama Pohon Darah Naga atau Pohon Naga Socotra. Bentuknya yang unik, seperti payung, ternyata hanya satu dari uniknya pohon ini. Nama darah naga dari pohon ini ternyata diambil dari getah pohon ini yang berwarna merah. Persis seperti darah naga di Harry Potter, ternyata ‘darah naga’ dari pohon ini berguna untuk pengobatan. Selain itu, ternyata warna merah ‘darah naga’ pohon ini juga sering digunakan sebagai pewarna merah alami.

The Dragon pohon darah merupakan tanaman yang paling terkenal dan khas dari pulau Socotra. Ia memiliki penampilan yang unik dan aneh, digambarkan sebagai "terbalik, padat-dikemas mahkota memiliki bentuk payung terbalik". Spesies ini cemara dinamai resin gelap merah, yang dikenal sebagai "darah naga".

Tidak seperti kebanyakan tumbuhan monokotil, yang Dracaenaceae tampilan pertumbuhan sekunder, D. cinnabari bahkan memiliki zona pertumbuhan menyerupai lingkaran pohon ditemukan pada spesies pohon dikotil. Seiring dengan spesies Dracaena arborescent lain memiliki kebiasaan pertumbuhan yang khas yang disebut 'Dracoid habitus'. Daunnya hanya ditemukan pada akhir cabang termuda, daun mereka semua menumpahkan setiap 3 atau 4 tahun sebelum daun baru bersamaan matang. Percabangan cenderung terjadi ketika pertumbuhan tunas terminal dihentikan, baik karena peristiwa berbunga atau trauma (misalnya herbivora).

Buah-buahan berry berdaging kecil yang berisi antara 1 dan 3 biji. Ketika mereka mengembangkan mereka berubah dari hijau menjadi hitam dan kemudian menjadi oranye sekali mereka yang matang. Berries yang dimakan oleh burung (misalnya spesies Onychognatus) dan dengan demikian tersebar. Benih adalah antara 4mm dan 5mm diameter dan berat rata-rata 68 mg. berries memancarkan resin merah tua, yang dikenal sebagai darah naga.

Seperti monokotil lainnya, seperti palem, pohon darah naga tumbuh dari ujung batang, dengan panjang, daun kaku ditanggung mawar padat pada akhir (4, 5, 7). Ini cabang pada saat jatuh tempo untuk menghasilkan payung berbentuk mahkota, dengan daun yang mengukur sampai 60 sentimeter panjang dan 3 sentimeter lebar. Batang dan cabang-cabang dari darah naga yang tebal dan gemuk dan menampilkan dikotomis bercabang, di mana masing-masing cabang berulang kali membagi dalam dua bagian.


Pohon Dinamit
Hura Brasiliensis
Tanaman ini ternyata merupakan salah satu tanaman yang berasal dari hutan tropis Amazon. Julukan lainnya? Pohon Neraka, atau ada juga yang menjuluki Pohon Kotak Pasir (sandboxtree). Bayangkan saja, batangnya ditutupi duri tajam, dan sudah seperti itu, getah pohon ini ternyata beracun dan banyak digunakan oleh penduduk setempat untuk meracuni mata panah mereka. Selain itu, mereka juga punya buah. Dan buah pohon ini nggak main-main, begitu matang, buah pohon ini akan meledak! Bahkan kekuatan ledakan pohon ini sanggup melukai manusia dan hewan yang tidak sengaja lewat di dekat pohon ini! makanya namanya Dinamit!

Pohon Sandbox dapat tumbuh hingga 60 meter (200 kaki), dan daun ovate besar tumbuh dua kaki lebar. Mereka berumah satu. Bunga-bunga merah tidak memiliki kelopak. Bunga jantan tumbuh di paku panjang, bunga betina yang soliter di axils. Buah adalah kapsul besar dengan dehiscence peledak, biji dapat diluncurkan pada 70 meter per detik (160 mph) lain Salah satu sumber menyatakan bahwa polong matang melontarkan benih sejauh 100 meter (330 kaki). sumber menyatakan bahwa benih terlempar sejauh 45 meter (148 kaki) dari pohon, dengan modus sekitar 30 meter (98 kaki). Hal ini juga telah dikenal sebagai pohon Dynamite, dinamakan demikian karena suara ledakan dari buah yang sudah matang karena terbagi menjadi segmen.

Buahnya adalah kapsul berbentuk labu, 1,4-2 inci (3-5 cm) lama, 2-3,2 inci (5-8 cm) diameter, dengan 16 karpel diatur radial. Bijinya diratakan dan sekitar 0,8 inci (2 cm) diameter. Di bagian Tanzania di Afrika telah menjadi invasif.

Pohon ini menyukai tanah basah, dan bayangan parsial atau matahari parsial untuk sinar matahari penuh. Hal ini sering dibudidayakan untuk naungan.

Comments

Popular